Uncategorized

Bagaimana Cara Permainan Game Menjadi Metode Belajar Efektif?

Ada lima definisi belajar yang efektif, yaitu konteks yang bermakna, otentisitas, motivasi, kebebasan membuat kesalahan, dan otonomi pembelajar. Kita sebagai orang tua harus tahu bagaimana cara memberikan pembelajaran terbaik kepada anak dengan berbagai cara.

Salah satu cara yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan video game. Kita tahu kelebihan dari game adalah untuk menghibur kala bosan, tapi ternyata bisa buat media pembelajaran juga, loh. Seperti permainan Minecraft yang bisa memberikan pembelajaran efektif seperti:

  • narasi (konteks) yang kuat dan menarik
  • interaksi yang bertujuan (keaslian)
  • keterlibatan emosional (motivasi)
  • kebebasan untuk gagal (kesalahan)
  • kesempatan untuk pengambilan keputusan secara mandiri (otonomi pembelajar).

Konteks adalah perekat yang bisa membantu kita terhubung ke informasi baru sesuai dengan apa yang sudah kita tahu tentang dunia. Inilah kenapa ketika kita belajar suatu bahasa, kita menggunakan topik seperti keluarga, hobi, atau liburan, dari pada mempelajari kata-kata sesuai urutan dari a – z. Tanpa konteks yang jelas, informasi baru tidak memiliki appaun untuk dihubungkan di dalam otak kita dan menjadi sulit untuk diingat.

Game memiliki konteks yang sangat bagus, dengan memberikan naratif yang kuat, yaitu cerita di dalamnya. Orang terhubung dengan cerita. Naratif yang kuat bisa sangat menekankan emosional respon yang bisa lebih mudah dikenang. Inilah kenapa story telling menjadi alat yang sangat kuat di dalam pemasaran, politik, bisnis, dan juga media.

Ketika memberikan pembelajaran ke anak-anak, story telling adalah hal yang penting. Anak-anak akan bergantung kepada memori seperti ini dari pada orang dewasa, mengingat fakta-fakta konkrit dan peristiwa-peristiwa yang mereka alami yang dihubungkan bersama dalam pembelajaran.

Permainan video secara umum, bisa memberikan narasi kuat yang di mana pemainnya bisa termotivasi untuk ikut berpartisipasi. Bagaimana tidak, di permainan mereka ditempatkan menjadi si pemeran utamanya.

Ada hubungan langsung antara seorang pelajar yang membutuhkan motivasi dan belajar di luar atau di dalam kelas. Membuat pelajar lebih fokus dan penasaran, dan biasanya melakukan lebih baik dair pada yang mudah terganggu. Permainan ini sangat bagus dan memiliki cerita yang mengangkat, tantangan dan penghargaan yang ada di dalam permainan bisa memicul respon emosional yang terhubung langsung dengan motivasi.

Di dalam permainan seperti Minecraft, pelajar lebih termotivasi untuk menyelesaikan puzzle karena ini akan menyelesaikan proses mereka di dalam permainna. Mereka yakin bisa tekun dalam belajar, baik oleh lingkungan maupun karakter yang ditemuinya. Pemain dapat memilih bagian mana yang paling diperhatikan, tetapi mereka tidak dapat menghindarinya. Bahasa dibangun ke dalam interaksi dalam game.

Itulah hubungan antara belajar dengan permainan video game, semoga bisa lebih membantu.