Uncategorized

Metaverse Membuat Kerja 2022 Semakin Fleksibel

Di tahun 2022 diyakini sistem bekerja di kantor akan semakin ditinggalkan. Hal ini karena adanya teknologi yang membuat kita bisa bekerja dari rumah tanpa adanya gangguan. Teknologi ini adalah metaverse.

Setidaknya di tahun depan terdapat lima tren yang bisa mempengaruhi sistem bekerja di tahun 2022.

Yang diyakini, orang-orang nantinya akan mulai memberlakukan sistem kerja hybrid working, sehingga lebih fleksibel dan juga semakin masif nantinya.

Ada beberapa perusahaan yang bergerak di bidang teknologi, seperti Google dan Apple yang sudah merencanakan untuk kembali membuka kantor mereka namun dengan menggunakan sistem hybrid, atau tidak bekerja di kantor sepenuhnya.

Hal ini juga didorong dengan pandemi yang sampai saat ini masih melanda dunia, bahkan varian baru pun semakin banyak dan terus bermunculan.

Selain itu ada banyak karyawan yang memutuskan untuk menjaga keseimbangan bekerja dengan kehidupan mereka dengan pindah jauh dari pusat kota dan memilih hidup di tempat yang memiliki udara segar.

Sebagian besar perusahaan pun menjadikan ini pola hibruda sebagai model utama pekerjaan. Perusahaan membutuhkan perencanana yang matang sebelum benar-benar menerapkannya untuk individu atau pun untuk perusahaan.

Lalu ada rapat virtual yang akan dikembangkan dan menjadi lebih efisien. Pola kerja hibrida ini akan membuat perusahaan bisa melakukan sistem rapat virtual seperti melalui Zoom, namun nantinya bisa menjadi lebih efisien.

Bahkan para karyawan bisa menjadi lebih bisa menunjukkan keterampilan mereka yang akan mengarahkan kepada promosi, peluang untuk mencapai impian, dan juga kesuksesan bahkan melalui virtual.

Orientasi bekerja nantinya akan berubah, membuat waktu menjadi lebih penting dibandingkan dengan tempatnya. Sifat kantor pun bisa menjadi kolaborasi dari aktivitas sosial dan juga bekerja.

Dalam jam kerja bisa lebih menyesuaikan pola bekerja baru dengan staf yang diberikan otonomi untuk bisa menyusun jadwal kerja mereka. Ini menandakan kalau di tahun 2022 nantinya bisa muncul kebijakan seperti jam kolaborasi yang disesuaikan dengan waktu untuk rapat.

Tren seperti ini akan semakin mudah nantinya dengan adanya teknologi perangkat lunak ataupun software yang mendukung panggilan langsung atau pun panggilan video. Sehingga, para rekan kerja bisa langsung bekerja sama di dalam satu dokumen di saat yang bersamaan.

Kini banyak karyawan yang mengundurkan diri karena tidak bisa mengelola waktu mereka dengan pekerjaan yang ada. Tentunya ini bisa menjadi jawaban dari masalah tersebut.

Perusahaan akan lebih mengutamakan karyawan dengan kembali menata model kerja yang baru, sehingga nantinya di masa depan mereka akan lebih terfokus kepada keragaman dan juga praktik yang lebih adil.

Penggunaan teknologi seperti metaverse ini akan semakin membuat masa depan menjadi lebih ditunjang. Ruang kerja pun akan dipindah menjadi bentuk 2D dan 3D. Menarik bukan?