Uncategorized

Tips Memilih MicroSD Agar Tidak Mudah Rusak

Saat ini kita semakin memerlukan media penyimpanan yang besar untuk menyimpan data-data pribadi atau pun pekerjaan. Oleh karena itu, jangan sampai tempat kita menyimpan data-data tersebut mudah rusak dan membuat data kita hilang.

Salah satu media penyimpanan yang menjadi favorit banyak orang adalah microSD. Selain mudah untuk dipakai, kini microSD juga menyediakan kapasitas penyimpanan yang besar.

Sayangnya, ada banyak merek microSD yang mudah rusak saat ini. Berikut ini kami akan memberikan beberapa tips untuk kamu yang tengah berencana membeli microSD.

1.Pahami Berapa Kapasitas Maksimal Memori Eksternal Ponsel

Sebelum kamu membeli sebuah microSD, kamu harus tahu sebenarnya berapa kapasitas maksimal yang bisa diterima oleh ponsel kamu. Seperti misalnya pada Galaxy S10, ponsel ini memiliki kapasitas microSD hingga 512 GB, ini menandakan ponsel tersebut bisa menggunakan microSD yang berkapasitas 512 GB.

Jika melebihi dari kapasitas yang disarankan, maka ponsel bisa bekerja dengan tidak baik. Jadi ada baiknya untuk meneliti, sebenarnya berapa kapasitas yang bisa digunakan pada ponsel.

2. Ketahui Berapa Banyak Kapasitas yang Kamu Butuhkan

Semakin besar kapasitas yang ditawarkan, maka akan semakin tinggi juga harga dari microSD. Jadi kamu harus tahu, sebenarnya kamu membutuhkan microSD yang seperti apa dan kapasitasnya sebesar apa. Jika tidak, maka akan sia-sia kamu kalau membeli kapasitas besar tetapi tidak pernah digunakan.

Jika kamu memang merupakan orang yang banyak menyimpan data pada ponsel atau microSD, maka memang lebih direkomendasikan menggunakan microSD dengan ukuran yang besar.

3. Memperhatikan Kelas MicroSDnya

MicroSD memiliki kelasnya masing-masing yang menentukan seberapa cepat ia dalam membaca atau menulis data, seperti Class 2 yang berkecepatan 2 MB/ detik. Lalu ada Class 4 yang berkecepatan 4 MB/ detik, Class 8 yang berkecepatan 8 MB/ detik, atau Class 10 yang berkecepatan 10 MB perdetik.

Jadi rasanya sangat mungkin kalau kecepatan akan semakin bertambah ketika melakukan copy-paste ke laptop, sehingga semakin lebih menghemat waktu.

4. Paham Perbedaan Micro SDHC dan Micro SDXC

Meski pun memiliki bentuk yang cenderung sama, namun ada yang menjadi perbedaan kedua hal ini. Perbedaan kecil itu adalah MicroSDHC adalah Secure Digital High Capacity, sedangkan SDXC merupakan Secure Digital eXtend Capacity.

Untuk SDHC biasanya hanya memiliki kapasitas yang cenderung kecil, yakni 4 GB hingga 32 GB. Sedangkan SDXC lebih besar dari 32 GB.

5. Mengguakan MicroSD Tipe UHS


Kalau kamu merupakan orang yang sangat sibuk dan tidak memiliki waktu untuk menunggu perpindahan data, maka sangat disarankan untuk menggunakan tipe Ultra High Speed yang memiliki kecepatan maksimal hingga 104 MB/ detik.

Itulah beberapa tips seputar memilih microSD yang bisa menjadi patokan untuk kamu memilihnya.